Tips Agar Dapat Terpilih Oleh Klien

Halo, Partner! Gimana, udah banyak kerjaan yang masuk dari klien? Udah mulai pusing, ya?

Atau kamu malah lagi kesulitan untuk menemukan klien? Bingung harus melakukan apalagi untuk menarik perhatian calon klien? Nah, admin punya beberapa tips dan trik yang bisa membantu kamu agar dipilih calon klien saat apply job, nih!


1. Tampilan Profil

Lengkapi profilmu dengan benar dan isi seluruh informasi yang diminta. Hal ini akan membuat profilmu terlihat lebih profesional. Gunakan pula bahasa yang baik agar calon klien dapat menangkap dengan jelas apa yang kamu tuliskan pada profilmu. Jangan lupa juga untuk menuliskan latar belakang kamu secara lengkap dan hal apa yang bisa kamu berikan kepada calon klien. Hal ini sangat penting lho karena pada poin ini calon klien akan mulai menilai kamu! Satu lagi, jangan menyisipkan hal-hal yang terlalu personal ya karena akan mengurangi tingkat profesionalitas kamu di mata calon klien.


                                                                             



2. Portofolio

Jika kamu memiliki portofolio, maka kamu harus memasukkannya ke dalam profil kamu. Hal ini menjadi nilai tambah dan membuka peluang kamu untuk dipilih calon klien. Berikan pula portofolio yang sesuai dengan job yang dibuat oleh klien. Misal, ketika klien membuat job desain brosur maka lampirkan pula portofolio desain brosur dan ketika klien membuat job penulisan artikel travel maka lampirkan pula portofolio mengenai penulisan mengenai travel, dan seterusnya. Jika kamu belum memiliki portofolio pada job yang terkait maka kamu bisa melampirkan portofolio yang mendekati dengan job tersebut.

Ohya, klien lebih suka portofolio dengan format jpeg, pdf, dan mp4. Jadi, sebaiknya kamu langsung mengupload file dengan format tersebut ya. Jangan format lain seperti zip atau rar yang harus diekstrak terlebih dahulu karena ini akan mempersulit klien.

Portofolio merupakan salah satu hal penting yang akan menjadi bahan pertimbangan klien dalam memilih freelancer yang akan direkrut. Portofolio dapat mengundang calon klien untuk berkunjung ke profilmu dan berdiskusi mengenai job lebih lanjut. Semakin banyak portofolio yang kamu punya, maka kamu akan terlihat lebih berpengalaman. Maka itu, usahakan selalu melampirkan portofolio saat apply job ya!


3. Harga

Kamu bisa memasukkan kisaran harga yang rendah untuk menarik perhatian calon klien. Tapi ingat, jangan sampai hargamu underpriced ya! Pastikan hargamu tetap pada standarnya dan sesuai dengan kemampuan yang bisa kamu berikan untuk klien.

Trik yang satu ini bisa menjadi salah satu teknik jitu untuk para partner yang belum memiliki review dan rating pada platform Sribulancer. Karena hampir 60% klien akan merekrut freelancer yang sudah memiliki review atau rating dari pekerjaan sebelumnya sedangkan 40% klien lainnya masih mempertimbangkan harga. Jadi untuk para partner yang belum memiliki review dan rating bisa “menjual” harga di sini. Trik ini bisa memberikan kamu pekerjaan pertama sehingga membantu kamu untuk menabung review atau rating sampai nantinya kamu bisa menaikkan kisaran hargamu dan mendapat label trusted.


4. Keahlian

Perbanyak keahlian yang kamu miliki sehingga kamu bisa cantumkan pada profilmu dan bisa apply banyak job, tidak hanya pada satu bidang tertentu. Dengan semakin banyak keahlian yang tertulis pada profilmu maka akan semakin meyakinkan klien dalam memilih kamu sebagai partner untuk bekerjasama dalam job yang dibuatnya. Tapi ingat, jangan menuliskan keahlian yang sebenarnya tidak kamu miliki ya. Pastikan keahlian yang kamu tulis bisa kamu pertanggungjawabkan.


5. Verified Account

Dengan menjadi verified partner menandakan bahwa kamu sudah terverifikasi langsung oleh Sribulancer. Hal ini bisa menjadi batu loncatan kamu dalam mendapatkan kepercayaan dari calon klien. Verified partner di tandai dengan adanya cheklist hijau di akun Sribulancer kamu.



Bagaimana? Sudah siap untuk mendapatkan banyak pekerjaan? Langsung lakukan langkah-langkah di atas dan siap-siap kebanjiran job, ya!


Baiklaah..trmksh..

Kak, bagaimana caranya untuk bisa menjadi Verified partner?

Hallo Anggun, terima kasih sudah bertanya. 


sebenarnya ini yang udah sibby tunggu-tunggu hahaha (*_*)

Sibby akan siapkan topik mengenai verified partner di Sribulancer, di tunggu yah 

oke ditunggu segera :)

Login or Signup to post a comment