Start a new topic

Sharing Pengalaman Freelancer :)

Assalamualaikum, Selamat pagi, saya Syaiful.

Mungkin sedikit tips dari saya, Alhamdulillah saya sudah jadi freelancer desainer sejak 2012 dan sekarang 2019, dari single sampe sekarang udah punya anak 1, jadi kurang lebih 7 tahunan. Tips dari saya:


1. Karakter Klien

Kenali karakter klien, bukan berarti kita kenal sama kliennya, tapi secara umum klien nggak suka baca proposal kita yang panjang.  jadi sebisa mungkin hindari proposal bid yang panjang lebar. Singkat aja, tapi cukup menjelaskan siapa kita.


2. Proposal BID

Oke jadi klien kebanyakan nggak suka baca proposal kita yang panjang banget, so kita perlu prosal yang  singkat, jelas, padat. Kalo saya bikin proposal bid, strukturnya kira-begini:

"Selamat ..., saya Syaiful. Saya UI/UX Desainer lebih dari 5 tahun. Saya sangat berpengalaman dan sudah bekerja untuk berbagai industri baik lokal maupun global. 

Berikut portofolio pekerjaan saya sebelumnya:

1. ....

2. ....

Halaman portofolio:

- behance.com

- dll

Demikian proposal singkat saya, semoga bisa jadi bahan pertimbangan Bapak/Ibu. Senang jika bisa memulai diskusi terlebih dahulu.

Salam Hangat,
nama saya


Kira-kira begitu. Singkat saja intermezzonya, dan lampirkan beberapa hasil pekerjaan sebelumnya, tak perlu dijelaskan, cukup lampirkan. Ini supaya klien tertarik buat open discus sama kita, nah kalau sudah open discus, jelaskan jika diminta jelaskan. Pastikan juga deskripsi pekerjaan dari klien kita baca dengan teliti, kalau klien meminta estimasi penyelesaian, pastikan estimasi kita jangan pas banget. Misalnya klo kita yakin bisa selesai dalam 3-5 hari, maka kita kabari ke klien 7 hari. dan harus pastikan pekerjaan selesai sebelum 7 hari.


3. Portofolio

Oke, the problem is.. kita belum dapat job jadi belum bisa tampilin portofolio. Well, jadi gini. Fake Project. Iya fake project, diwaktu luang coba iseng buat desain2 (tapi jangan copas atau ambil punya orang lain ya) kemudian kalian pos di web portofolio kayak Dribbble, Behance, dll. Buat aja beberapa, lebih banyak lebih bagus dan buat sebagus mungkin. ini bisa sambil ngelatih skill.

Portofolio2 itu bisa kita lampirkan di proposal bid. Tapi inget, pastikan project yang kita bid itu terukur alias sesuai sama kemampuan kita. Jangan sekali-sekali ngebid project diluar skill & kemampuan kita.


jadi 3 poin diatas kunci keberhasilan buat temen-temen yang baru mau mulai karir jadi freelancer. Setelah berhasil direkrut klien, maka selanjutnya temen2 harus bisa pastikan closingnya dapat rating 5 bintang. Ini penting banget buat dapetin reputasi diawal waktu. Profil temen2 bakal menarik kalau 5 bintang terang.

Tambahan, coba bid project yang gampang2 dulu, yang value nya kecil. 100rb, 50rb gapapa yang pentign dapetin bintang 5 dulu.


Itu tips dari saya, semoga bisa membantu temen2 yang mau mulai karir di dunia freelance. 

Wassalamualaikum.

Writed by: Syaiful Anshor

Login or Signup to post a comment